Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Di Kelas Iv Sd Kertawinangun Iv Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.9Keywords:
Kata kunci: Ketertarikan, Peserta Didik, SD Kertawinangun IVAbstract
Keberadaan materi pendidikan agama Islam yang diajarkan sekolah harus sangat kompleks dan menyeluruh, karena pendidikan agama islam merupakan mata pelajaran yang dapat membentuk akhlak siswa. Materi pendidikan agama Islam juga memiliki berbagai macam keunikan yang dapat disenangi oleh siswa seperti materi sejarah nabi dan rasul yang menceritakan tentang kisah dan perjuangan nabi dalam menyebarkan agama islam ataupun materi lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui materi-materi Pendidikan Agama Islam yang menarik peserta didik untuk dipelajari. 2. Untuk mengetahui alasan peserta didik tertarik pada materi Pendidikan Agama Islam. 3. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat menarik peserta didik kelas IV SD Kertawinangun IV mempelajari materi Pendidikan Agama Islam. Dalam penyusunan karya ilmiah ini menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut : 1. Observasi 2. angket dan 3. Dokumentasi. Dan untuk menghitung korelasinya penulis gunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa 1. Ketertarikan peserta didik terhadap materi PAI di nilai sangat tinggi yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata hasil angket sebesar 86,44. 2. Nilai pada materi PAI di pandang baik karena perolehan rata-ratanya di dapat 79,12. 3. adanya ketertarikan peserta didik terhadap materi pendidikan agama islam di kelas IV SD Kertawinangun IV Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu yang dibuktikan dengan perolehan nilai yang didapat penulis sebesar 0,64. Setelah melaksanakan penelitian di kelas IV SD Kertawinangun IV Desa Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Aryanti, Mohammad Ridwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.