Model Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Alinsan Kota Cilegon Provinsi Banten

Authors

  • Muhiyi Program Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.87

Keywords:

Model Pendidikan; Pondok Pesantren; Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan bahwa pondok pesantran Al-Insan adalah lembaga pendidikan yang akan mendidik santrinya dengan ilmu-ilmu agama saja dan tidak peka terhadap urusan kemasyarakatan dan perekonomian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metodelogi yang digunakan penelitian ini adalah metode fenomenologi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan content analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sejumlah dokumen-dokumen Pondok Pesantren Al-Ihsan, hasil wawancara dengan narasumber, sedangkan yang dijadikan sumber sekunder terdiri-dari buku dan berbagai tulisan, jurnal, website, dan berbagai referensi lainnya tentang tiga pesantren tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan dan memaparkan data-data dalam bentuk urian yang sistematis komprehensif dan holistic, kemudian dianalisis dengan pendekatan sejarah social pendidikan Islam, yaitu dengan melihat proses-proses lahirnya lembaga tersebut dengan berbagai faktor sosiologis yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini antara lain bahwa model pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren Al-Insan tidak hanya berhasil melahirkan para ulama yang ahli dalam ilmu agama, tetapi ikut serta dalam mengembangkan kewirausahaan, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor social, ekonomi, budaya, dan yang lainnya. Ini artinya pondok pesantren Al-Insan ingin memadukan kepentingan ukhrawi dan duniawi, tetapi yang pertama harus didahulukan.

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Muhiyi. (2021). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Alinsan Kota Cilegon Provinsi Banten. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 231–250. https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.87