Model Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Alinsan Kota Cilegon Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.87Keywords:
Model Pendidikan; Pondok Pesantren; KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan bahwa pondok pesantran Al-Insan adalah lembaga pendidikan yang akan mendidik santrinya dengan ilmu-ilmu agama saja dan tidak peka terhadap urusan kemasyarakatan dan perekonomian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metodelogi yang digunakan penelitian ini adalah metode fenomenologi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan content analysis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sejumlah dokumen-dokumen Pondok Pesantren Al-Ihsan, hasil wawancara dengan narasumber, sedangkan yang dijadikan sumber sekunder terdiri-dari buku dan berbagai tulisan, jurnal, website, dan berbagai referensi lainnya tentang tiga pesantren tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan dan memaparkan data-data dalam bentuk urian yang sistematis komprehensif dan holistic, kemudian dianalisis dengan pendekatan sejarah social pendidikan Islam, yaitu dengan melihat proses-proses lahirnya lembaga tersebut dengan berbagai faktor sosiologis yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini antara lain bahwa model pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren Al-Insan tidak hanya berhasil melahirkan para ulama yang ahli dalam ilmu agama, tetapi ikut serta dalam mengembangkan kewirausahaan, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor social, ekonomi, budaya, dan yang lainnya. Ini artinya pondok pesantren Al-Insan ingin memadukan kepentingan ukhrawi dan duniawi, tetapi yang pertama harus didahulukan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhiyi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.