Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Nasabah Brand Switching Bank Konvensional ke Bank Syariah Mandiri Kendari

Authors

  • Muhamad Rizaldi Makmur Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Zulfita Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.
  • La Ode Alimusa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.
  • Endro Sukotjo Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.86

Keywords:

factor analysis; brand switching; conventional banks; shariah banks

Abstract

 Pesatnya perkembangan sistem perbankan syariah merupakan dampak dari rumusan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang diterbitkan pada tanggal 16 Juli 2008. Meski industri perbankan syariah sedang dalam tahap perkembangan yang pesat, tidak dapat dipungkiri bahwa industri perbankan syariah belum mencapai kesuksesan terbesar di segala aspek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang faktor-faktor penentu nasabah Bank dari Bank Konvensional ke Bank Syariah Mandiri Kendari. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan Penelitian dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di Kota Kendari dengan responden sebanyak 70 orang. Metode analisis yang digunakan adalah Eksploratory Factor Analysis (EFA). Data diolah menggunakan uji reliabilitas, validitas dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa yang mendorong nasabah melakukan Brand Switching Bank Konvensional ke Bank Mandiri Syariah adalah Faktor (1) Ekonomis & Idiologis. Faktor (2) Stimulus Marketing (Aksesibilitas, Kualitas Layanan, Kelompok Referensi, Promosi, Produk). Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor biaya (ekonomis) dan ideologis (Syari’at Islam). Faktor biaya merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi perpindahan merek pelanggan dari Bank Konvensional ke Bank Syariah.

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Muhamad Rizaldi Makmur, Zulfita, Alimusa, L. O. ., & Sukotjo, E. . (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Nasabah Brand Switching Bank Konvensional ke Bank Syariah Mandiri Kendari. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 220–230. https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.86