Analisis Dampak Keputusan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Studi Kasus Akuisisi BTMU-BRI Finance oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk)

Authors

  • Christopher Brandon Ongko Surya Manajemen Keuangan, Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.83

Keywords:

Akuisisi, NIM, BOPO, LDR, ROA, ROE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan (Net Interest Margin, Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio, Return of Assets, dan Return of Equity) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebelum dan sesudah proses akuisisi BTMUBRI Finance pada 30 September 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data sekunder yang dihimpun dari website resmi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (www.bri.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan Tahunan PT Bank Rakyat Indonesia dan sampel penelitian ini adalah Laporan Keuangan Tahunan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk tahun 2013-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas Shapiro Wilk dan uji beda Paired Sample T-test dengan bantuan aplikasi hitung SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh proses akuisisi yang signifikan terhadap Net Interest Margin, Return on Assets, dan Return on Equity PT Bank Rakyat Indonesia Tbk serta tidak adanya pengaruh proses akuisisi yang signifikan terhadap Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional dan Loan to Deposit Ratio PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara garis besar terdapat pengaruh positif dari proses akuisisi terhadap PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Ongko Surya, C. B. (2021). Analisis Dampak Keputusan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Studi Kasus Akuisisi BTMU-BRI Finance oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 161–170. https://doi.org/10.59141/jist.v2i02.83