Pemanfaatan Big Data dalam Bidang Pendidikan

Authors

  • Junita Juwita Siregar Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia
  • Rubil Musawaris Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v4i02.737

Keywords:

Big Data, Keputusan Pendidikan, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi berbasis komputer dan internet berdampak pada dampak volume data pada dunia Pendidikan pada pemantauan kinerja akademik siswa, estimasi kinerja, pengaturan kurikulum, dan mendeteksi gangguan dalam pendidikan. Faktor-faktor yang dianggap penting dalam kajian pemanfaatan big data dalam pendidikan dapat dikelompokkan dalam tiga judul utama. Pada awal elemen ini adalah pembangunan lingkungan pendidikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk pengumpulan dan penyimpanan, pemroesan data guna menyediakan infrastruktur untuk studi big data. Komputer berkapasitas tinggi dengan prosesor yang kuat lebih disukai di sisi perangkat keras, sedangkan teknologi komputasi awan, lingkungan yang memungkinkan aplikasi data besar atau sistem file big data dapat digunakan di sisi perangkat lunak.  Metode pengumpulan data pada stydy ini adalah study literature big data. Tujuan utama dalam analisis big data dalam pendidikan adalah untuk mengolah dan menginterpretasikan big data dan mendapatkan keuntungan dari hasilnya terutama dalam proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, keputusan yang diambil akan kembali sebagai nilai tambah bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Kesimpulan pada study ini adalah hasil yang bermanfaat akan diperoleh baik bagi siswa, pelatih, dan pengambil keputusan di bidang pendidikan.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Junita Juwita Siregar, & Musawaris, R. (2023). Pemanfaatan Big Data dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(02), 274–285. https://doi.org/10.59141/jist.v4i02.737