Strategi Komunikasi Pemasaran Scoop dan Skoop Dalam Membangun Brand Image

Authors

  • Hasim Hasim Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kebangsaan
  • Prisnurulia Apriliani Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kebangsaan

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i01.70

Keywords:

Marketing Communication, Instagram, Brand Image

Abstract

Komunikasi pemasaran mempunyai fungsi  sebagai alat untuk mempengaruhi calon konsumen, perusahaan melakukan promosi secara aktif dengan tujuan menarik sebanyak mungkin konsumen, jika melihat di halaman akun perusahaan-perusahaan yang lain pada umumnya dapat dijumpai berbagai macam bentuk penawaran, iklan, promosi, dan sebagainya yang tujuannya adalah untuk memasarkan produknya dan menarik pengunjung atau konsumen. Scoop & skoops perusahaan dibawah kepemilikan Brownies Amanda yang bergerak dalam bidang makan ringan yaitu es krim dan sudah memiliki  5 cabang yang tersebar di Kota Bandung. Tidak hanya es krim scoop & skoops juga memiliki menu lain mulai dari appetizer hingga dessert dan minuman namun scoop & skoops menjadikan es krim sebagai menu utamanya. Scoop & Skoops merupakan pelaku usaha besar maka dari itu strategi komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk  mencapai tujuan scoop & skoops dan juga dalam menggembangkan usahanya. Semakin ketatnya persaingan bisnis es krim di Indonesia menumbuhkan persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dengan berbagai varian kepada para konsumen, hal ini tentunya untuk meningkatkan penjualan dan mendorong pemilik Scoop & Skoops semakin kencang dalam mempromosikan produknya tersebut. Scoop & Skoops merupakan toko es krim yang menyediakan penjualan online menggunakan media sosial instagram sebagai media untuk aktivitas promosi dengan memanfaatkan unggahan foto produk-produk dan juga untuk membangun kepercayaan konsumen agar tetap membeli produk Scoop & Skoops. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akun media sosial Instagram Scoop & Skoops dalam membangun brand image. Penelitian ini didesain secara kualitatif dengan paradigma pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi dan internet searching. Narasumber dalam penelitian ini adalah Marketing Scoop & Skoops dan followers aktif akun Instagram @scoop.and.skoops. Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Scoop & Skoops lebih berfokus mempromosikan melalui media sosial Instagram saja, dan strategi komunikasi pemasarannya lebih banyak berkaitan dengan menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix).

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Hasim, H., & Apriliani, . P. . (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Scoop dan Skoop Dalam Membangun Brand Image. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(01), 62–71. https://doi.org/10.59141/jist.v2i01.70