Strategi Personal Branding Puan Maharani Sebagai Cucu Bung Karno & Putri Megawati

Authors

  • Rafifrian Evandio Universitas Indonesia Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v4i7.650

Keywords:

Politisi Perempuan, Personal Branding, Puan Maharani, Cucu Bung Karno, Putri Megawati Soekarnoputri

Abstract

Penelitian ini menjelaskah tentang strategi branding politisi perempuan dengan merujuk pada studi kasus strategi personal branding Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi sebagai “cucu Bung Karno” dan “putri Megawati Soekarnoputri”. Sosok Puan Maharani sendiri dikenal oleh publik Indonesia sebagai putri tunggal dari Megawati Soekarnoputri dengan suami ketiganya, Muhammad Taufiq Kiemas. Dengan statusnya tersebut, sosok Puan Maharani sering kali diasumsikan oleh berbagai kalangan sebagai suksesor dari trah atau keturunan Soekarno (Bung Karno) selaku kakeknya. Rampersad yang mengungkapkan bahwa setiap orang pada umumnya cenderung memiliki sebuah brand, namun sebagian besar orang tidak menyadarinya dan tidak mengelolanya secara strategis, konsisten, dan efektif. Hal ini akan membantu seseorang untuk mampu berkembang dan membedakan diri dengan orang lain. Pasalnya, konsep personal branding sendiri setidaknya dapat dimaknai lebih dari sekedar memasarkan dan mempromosikan diri. Bahkan, personal branding merupakan sintesis dari semua pengharapan, citra dan persepsi yang diciptakan dalam pemikiran orang lain sewaktu mereka membaca atau mendengar nama seseorang. Selain itu, Rampersad juga menyebutkan bahwa brand yang dimiliki oleh seseorang haruslah otentik; merefleksikan karakter yang sebenarnya; dan diciptakan berdasar pada nilai-nilai yang dipegang oleh seseorang, keunggulan, keunikan, dan kepandaian orang tersebut. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi terhadap literatur-literatur yang relevan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi berhasil membangun personal branding sebagai salah satu sosok politisi perempuan yang berhasil terlibat dalam politik dengan turut didukung penggunaan citra sebagai “cucu Bung Karno” dan “putri Megawati Soekarnoputri” sebagai brand yang melekat pada dirinya.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Evandio, R. (2023). Strategi Personal Branding Puan Maharani Sebagai Cucu Bung Karno & Putri Megawati. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(7), 875–882. https://doi.org/10.59141/jist.v4i7.650