Penerimaan Orangtua Terhadap Anak Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy Di Sekolah Luar Biasa Bagian D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Bandung

Authors

  • Ria Faisyahril Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Santoso Tri Raharjo Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Hery Wibowo Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v4i4.611

Keywords:

Penerimaan Orang Tua, Pembinaan, Anak dengan Disabilitas Cerebral Palsy

Abstract

Penerimaan orang tua terhadap anak penyandang disabilitas cerebral palsy meliputi pemberian kasih sayang, perhatian, dan kesempatan dari orang tua kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Karakteristik subjek, 2) Pemberian kasih sayang, 3) Pemberian perhatian, 4) Pemberian kesempatan, dan 5) Harapan subjek terhadap penerimaan orang tua. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depenabilitas, dan uji konfirmabilitas. Selanjutnya, hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian telah menunjukkan adanya kasih sayang dan kesempatan dari orang tua kepada anak penyandang disabilitas cerebral palsy. Namun, belum menunjukkan adanya perhatian orang tua terhadap anak penyandang disabilitas cerebral palsy. Berkaitan dengan hal tersebut, maka ditawarkan program "Pelatihan Keterampilan Pengasuhan Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy di Sekolah Luar Biasa Bagian D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Bandung.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Faisyahril, R., Tri Raharjo, S. ., & Wibowo, H. . (2023). Penerimaan Orangtua Terhadap Anak Penyandang Disabilitas Cerebral Palsy Di Sekolah Luar Biasa Bagian D Yayasan Pembinaan Anak Cacat Bandung. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(4), 480–496. https://doi.org/10.59141/jist.v4i4.611