Melalui Supervisi Klinis Dapat Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali dalam Mengelola Kelas Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v4i3.594Keywords:
Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Mengelola KelasAbstract
Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali dalam mengelola kelas pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 melalui supervisi klinis. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 8 orang terdiri dari guru kelas 6 orang, guru PAI 1 orang dan guru Bahasa inggris 1 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian pada tiap siklusnya, langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian berupa kesipulan bahwa melalui supervise klinis dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali tahun pelajaran 2022/2023 dalam mengelola kelas. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan prosentasi kemampuan guru dari siklus I sebesar 71,4 meningkat menjadi 84 (naik 15%). Kenaikan sebesar 15% tersebut meliputi pada semua aspek yang dijadikan indikator pada penelitian ini, yaitu: (1) Kemampuan mengenal nama-nama siswanya, (2) Kemampuan mengetahui latar belakang siswanya, (3) Kemampuan mengetahui kehidupan social siswanya, (4) Kemampuan melakukan perubahan tat letak siswa, (5) Kemampuan mengatasi perilaku siswa yan menyimpang, dan (6) Kemampuan memotivasi siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.