Melalui Supervisi Klinis Dapat Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali dalam Mengelola Kelas Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Sri Wahyuningsih SD Negeri 1 Bendan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v4i3.594

Keywords:

Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Mengelola Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali dalam mengelola kelas pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 melalui supervisi klinis. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 8 orang terdiri dari guru kelas 6 orang, guru PAI 1 orang dan guru Bahasa inggris 1 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian pada tiap siklusnya, langkah terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian berupa kesipulan bahwa melalui supervise klinis dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali tahun pelajaran 2022/2023 dalam mengelola kelas. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan prosentasi kemampuan guru dari siklus I sebesar 71,4 meningkat menjadi 84 (naik 15%). Kenaikan sebesar 15% tersebut meliputi pada semua aspek yang dijadikan indikator pada penelitian ini, yaitu: (1) Kemampuan mengenal nama-nama siswanya, (2) Kemampuan mengetahui latar belakang siswanya, (3) Kemampuan mengetahui kehidupan social siswanya, (4) Kemampuan melakukan perubahan tat letak siswa, (5) Kemampuan mengatasi perilaku siswa yan menyimpang, dan (6) Kemampuan memotivasi siswa.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Wahyuningsih, S. (2023). Melalui Supervisi Klinis Dapat Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 1 Bendan, Banyudono, Boyolali dalam Mengelola Kelas Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(3), 221–238. https://doi.org/10.59141/jist.v4i3.594