Determinasi Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Pusat Kebugaran Berbiaya Rendah Di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v4i02.581Keywords:
Atmosfer, Kenyamanan Layanan, Kepuasanpelanggan, Kualitas layanan, LoyalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan determinasi kepuasan dan loyalitas pelanggan di pusat kebugaran berbiaya rendah di yogyakarta dengan menguji apakah terdapat pengaruh yang positif terhadap variabel bebas kenyamanan layanan, kualitas pelayanan, dan atmosfer terhadap variabel terikat loyalitas dengan variabel intervening kepuasan. Penelitian ini secara empiris dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan populasi yaitu seluruh pelanggan Pusat Kebugaran berbiaya rendah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 366 responden yang mengunjungi pusat kebugaran berbiaya rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SEM dan diolah dengan aplikasi SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kenyamanan layanan, kualitas pelayanan, dan atmosfer terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, variabel kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pada pengujian secara serempak, kenyamanan layanan, kualitas pelayanan, dan atmosfer dari pusat kebugaran berbiaya rendah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Finandra Adheizka, Sumadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.