Pengaruh Pengalaman Merek Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Merek Mitsubishi Pajero Di Bandar Lampung)

Authors

  • Rayhan Aliamin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
  • Driya Wiryawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
  • Dwi Asri Siti Ambarwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v4i02.580

Keywords:

pengalaman merek, ekuitas merek, loyalitas merek, kesan, daya saing

Abstract

Pada saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing secara kompetitif dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Perkembangan industri otomotif di Indonesia khususnya kendaraan roda empat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat ini konsumen dihadapkan pada pemilihan berbagai merek mobil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung pengalaman merek terhadap loyalitas merek dan untuk mengetahui apakah ekuitas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik judgment sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman merek dan ekuitas merek mempengaruhi loyalitas merek mobil Mitsubishi Pajero di Bandar Lampung dan mayoritas pemilik mobil Mitsubishi Pajero di Bandar Lampung adalah 78% laki-laki dan 22% perempuan. Dominasi laki-laki tersebut dikarenakan mayoritas mobil Mitsubishi yang dijual di Bandar Lampung adalah MPV yaitu Mitsubishi Pajero dengan karakteristik mobil yang sporty sehingga didominasi oleh konsumen laki-laki.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Aliamin, R., Wiryawan , D. ., & Asri Siti Ambarwati , . D. (2023). Pengaruh Pengalaman Merek Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Merek Mitsubishi Pajero Di Bandar Lampung). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(02), 166–178. https://doi.org/10.59141/jist.v4i02.580