Strategi Manajemen Sekolah di Taman Kanak-Kanak Melalui Kapital Sosial

Authors

  • Yudrik Jahja Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yasmin Faradiba Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.389

Keywords:

Strategi, Manajemen Sekolah, Kapital Sosial

Abstract

Berkembangnya dunia pendidikan anak usia dini di Indonesia mendorong perkembangan kemampuan manajemen pengelolaan berbagai jenis lembaga PAUD pada umumnya dan lembaga TK pada khususnya. Sebagai sebuah organisasi, sekolah mengambil masukan dari lingkungan (input), mengubah atau mengolahnya (proses), dan memproduksi hasil (output). Keberhasilan sebuah sekolah dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya kompetensi guru serta sistem pengelolaan administrasi yang mendukung dan mendorong pencapaian tujuan pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas kapital sosial yang ada didalam manajemen TK Mini Pak Kasur, menggambarkan bagaimana kapital sosial berperan dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar serta bagaimana kapital sosial dapat mendukung TK Mini Pak Kasur dalam menjaga nama baik mereka di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia dan memberikan contoh bagi sekolah-sekolah baru mengenai bagaimana manajemen sekolah yang baik dan mampu membuat sekolah tersebut bertahan lama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanatori dimana tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menelaah mengapa TK mini Pak Kasur mampu bertahan hingga saat ini sejak 53 tahun yang lalu. Sebagai suatu lembaga, sekolah memiliki faktor-faktor yang berfungsi secara aktif dalam kelompok sosial tersebut, seperti hubungan interpersonal, identitas bersama, pemahaman bersama, norma, nilai, kepercayaan, kerja sama dan rasa ketersalingan. Faktor-faktor tersebut dikatagorikan sebagai kapital sosial yang mendukung pengelolaan serta administrasi di sekolah.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Jahja, Y. ., & Faradiba, Y. (2022). Strategi Manajemen Sekolah di Taman Kanak-Kanak Melalui Kapital Sosial. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 438–451. https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.389