Strategi Manajemen Sekolah di Taman Kanak-Kanak Melalui Kapital Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.389Keywords:
Strategi, Manajemen Sekolah, Kapital SosialAbstract
Berkembangnya dunia pendidikan anak usia dini di Indonesia mendorong perkembangan kemampuan manajemen pengelolaan berbagai jenis lembaga PAUD pada umumnya dan lembaga TK pada khususnya. Sebagai sebuah organisasi, sekolah mengambil masukan dari lingkungan (input), mengubah atau mengolahnya (proses), dan memproduksi hasil (output). Keberhasilan sebuah sekolah dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya kompetensi guru serta sistem pengelolaan administrasi yang mendukung dan mendorong pencapaian tujuan pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas kapital sosial yang ada didalam manajemen TK Mini Pak Kasur, menggambarkan bagaimana kapital sosial berperan dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar serta bagaimana kapital sosial dapat mendukung TK Mini Pak Kasur dalam menjaga nama baik mereka di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia dan memberikan contoh bagi sekolah-sekolah baru mengenai bagaimana manajemen sekolah yang baik dan mampu membuat sekolah tersebut bertahan lama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanatori dimana tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menelaah mengapa TK mini Pak Kasur mampu bertahan hingga saat ini sejak 53 tahun yang lalu. Sebagai suatu lembaga, sekolah memiliki faktor-faktor yang berfungsi secara aktif dalam kelompok sosial tersebut, seperti hubungan interpersonal, identitas bersama, pemahaman bersama, norma, nilai, kepercayaan, kerja sama dan rasa ketersalingan. Faktor-faktor tersebut dikatagorikan sebagai kapital sosial yang mendukung pengelolaan serta administrasi di sekolah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yudrik Jahja, Yasmin Faradiba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.