Pengaruh Team Based Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Matakuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan I
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v3i03.386Keywords:
Team Based Learning, Prestasi Akademik, AkuntansiAbstract
Akuntansi sering diartikan terlalu sempit sebagai proses pencatatan teknis dan prosedural daripada alat intelektual yang melibatkan penalaran dalam penciptaan prinsip, prosedur, teknik dan metode tertentu, sehingga akuntansi adalah disiplin ilmu yang membutuhkan penalaran untuk memahami kursus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Team-Based-Learning (TBL) terhadap prestasi akademik mahasiswa yang dilakukan dengan desain eksperimen semu. subjek penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi di STIE SAK pada matakuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan I dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, prestasi akademik diukur melalui hasil Pretest dan Ujian Tengah Semester dengan membandingkan kelas team based learning dengan kelas tanpa kelompok belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi akademik kelas yang menggunakan metode team-based-learning lebih unggul dibandingkan kelas yang menerapkan metode pembelajaran mandiri.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cyntia Carolina, Yolla Ramadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.