Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan

Authors

  • Verren Auranissa Hernanda Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Afwa Yasyfa Azzahra Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Fitri Alfarisy Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.367

Keywords:

Pengaruh, Penerapan Bahasa Asing, Kinerja, Pendidikan

Abstract

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri Kridalaksana dan Djoko Kentjono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam alasan mengapa beberapa orang tidak tertarik untuk belajar bahasa asing.  Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pembelajaran bahasa asing untuk pembekalan edukasi jangka panjang, membantu mengubah pola pikir masyarakat terhadap pentingnya belajar bahasa asing dalam mencetak generasi siap kerja yang lebih optimal dan mengubah sudut pandang masyarakat tentang perspektif belajar bahasa asing. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar bahasa asing untuk dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif menjelaskan dan menuturkan data atau dokumen yang dijadikan sebagai sumber referensi. Bahasa dapat menyatakan perasaan, pikiran, pendapat, serta tanggapan seseorang tanggapan seseorang terhadap fenomena di lingkungan sekitarnya. Indonesia pernah diguncang oleh perkataan Menteri Pendidikan Kebudayaan terkait pada masalah dihhapuskannya mata pelajaran bahasa Inggris dan hanya dipelajari saat pembelajaran di tingkat sekolah dasar saja. Tentunya informasi ini ramai dibicarakan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa pernyataan itu belum sepenuhnya benar. Zaman yang sudah masuk dalam dunia globalisasi pastinya membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik guna untuk melakukan komunikasi dengan negara lain, tidak hanya bahasa Inggris saja namun juga bahasa asing lainnya. Jika dikaitkan dengan teori sosiologi yang dapat kita lihat adalah media interaksinya, interaksi sosial menurut ahli sosiologi Seorjono Soekanto dalam bukunya yaitu Pengantar Sosiologi dimana proses sosial tentang bagaimana cara berhubungan yang dapat dilihat jika setiap individu dan kelompok sosial saling bertemu untuk menentukan hubungan sosial

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Hernanda, V. A., Azzahra, A. Y., & Alfarisy, F. . (2022). Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(02), 287–292. https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.367