Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.367Keywords:
Pengaruh, Penerapan Bahasa Asing, Kinerja, PendidikanAbstract
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri Kridalaksana dan Djoko Kentjono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam alasan mengapa beberapa orang tidak tertarik untuk belajar bahasa asing. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pembelajaran bahasa asing untuk pembekalan edukasi jangka panjang, membantu mengubah pola pikir masyarakat terhadap pentingnya belajar bahasa asing dalam mencetak generasi siap kerja yang lebih optimal dan mengubah sudut pandang masyarakat tentang perspektif belajar bahasa asing. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar bahasa asing untuk dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif menjelaskan dan menuturkan data atau dokumen yang dijadikan sebagai sumber referensi. Bahasa dapat menyatakan perasaan, pikiran, pendapat, serta tanggapan seseorang tanggapan seseorang terhadap fenomena di lingkungan sekitarnya. Indonesia pernah diguncang oleh perkataan Menteri Pendidikan Kebudayaan terkait pada masalah dihhapuskannya mata pelajaran bahasa Inggris dan hanya dipelajari saat pembelajaran di tingkat sekolah dasar saja. Tentunya informasi ini ramai dibicarakan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa pernyataan itu belum sepenuhnya benar. Zaman yang sudah masuk dalam dunia globalisasi pastinya membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik guna untuk melakukan komunikasi dengan negara lain, tidak hanya bahasa Inggris saja namun juga bahasa asing lainnya. Jika dikaitkan dengan teori sosiologi yang dapat kita lihat adalah media interaksinya, interaksi sosial menurut ahli sosiologi Seorjono Soekanto dalam bukunya yaitu Pengantar Sosiologi dimana proses sosial tentang bagaimana cara berhubungan yang dapat dilihat jika setiap individu dan kelompok sosial saling bertemu untuk menentukan hubungan sosialPublished
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Verren Auranissa Hernanda, Afwa Yasyfa Azzahra, Fitri Alfarisy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.