Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Komunikasi Whatsapp Pada Dunia Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.363Keywords:
Media Sosial Whats App, Dampak PembelajaranAbstract
Teknologi memengaruhi banyak area dan memberikan kemudahan besar di area yang tersebar luas. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis dampak positif dan negatif dari penggunakan aplikasi media sosial Whats App dalam proses pembelajaran dan untuk membuat kerangka kerja konseptual dalam hal tata krama. Metode yang digunakan terkait dengan topik tulisan ini adalah metode studi literatur yang mana sumber berbeda dari penelitian penelitian akan dievaluasi. Hasil analisis dalam studi ini bahwa para siswa yang kecanduan pesan instan kurang berhasil pada proses akademik, mereka tidak dapat mengendalikan waktu yang dihabiskan untuk olah pesan, mereka mengabaikannya pekerjaan rumah dan mereka juga kurang disiplin dibandingkan dengan siswa lain. Selain itu juga terlihat tingkat pemahaman siswa, keterampilan belajar, produktivitas, dan prestasi akademik telah dipengaruhi secara negatif. Siswa yang menggunakan pesan instan selama proses membaca dapat meningkatkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas membaca mereka. Saat menggunakan Whats App dalam proses pendidikan mungkin ada masalah seperti siswa yang mungkin tidak memiliki ponsel cerdas atau akses internet, karena semacam pembatasan juga. Siswa bisa jadi ragu untuk bertanya di lingkungan WhatsApp, karena merasa ada perasaan seperti sedang diperhatikan di lingkungan WhatsApp. Menerima terlalu banyak pesan melalui WhatsApp dapat berdampak negatif terhadap pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Junita Juwita Siregar, Rubil Musawaris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.