Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Komunikasi Whatsapp Pada Dunia Pendidikan

Authors

  • Junita Juwita Siregar Binus University, Indonesia
  • Rubil Musawaris Binus University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.363

Keywords:

Media Sosial Whats App, Dampak Pembelajaran

Abstract

Teknologi memengaruhi banyak area dan memberikan kemudahan besar di area yang tersebar luas. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis dampak positif dan negatif dari penggunakan aplikasi media sosial Whats App dalam proses pembelajaran dan untuk membuat kerangka kerja konseptual dalam hal tata krama. Metode yang digunakan terkait dengan topik tulisan ini adalah metode studi literatur yang mana sumber berbeda dari penelitian penelitian akan dievaluasi. Hasil analisis dalam studi ini bahwa para siswa yang kecanduan pesan instan kurang berhasil pada proses akademik, mereka tidak dapat mengendalikan waktu yang dihabiskan untuk olah pesan, mereka mengabaikannya pekerjaan rumah dan mereka juga kurang disiplin dibandingkan dengan siswa lain. Selain itu juga terlihat tingkat pemahaman siswa, keterampilan belajar, produktivitas, dan prestasi akademik telah dipengaruhi secara negatif. Siswa yang menggunakan pesan instan selama proses membaca dapat meningkatkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas membaca mereka. Saat menggunakan Whats App dalam proses pendidikan mungkin ada masalah seperti siswa yang mungkin tidak memiliki ponsel cerdas atau akses internet, karena semacam pembatasan juga. Siswa bisa jadi ragu untuk bertanya di lingkungan WhatsApp, karena merasa ada perasaan seperti sedang diperhatikan di lingkungan WhatsApp. Menerima terlalu banyak pesan melalui WhatsApp dapat berdampak negatif terhadap pembelajaran.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Siregar, J. J., & Musawaris, R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Komunikasi Whatsapp Pada Dunia Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2258–2268. https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.363