Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS : Studi Kasus PT. Telkom Divisi Enterprise Service

Authors

  • Andi Dwi Pangestu Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v1i04.36

Keywords:

AHP, TOPSIS, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Penentuan  karyawan  berprestasi  pada  PT.  Telkom  Divisi Enterprise  Service dilakukan  dengan  cara  memilih karyawan tiap bagian bidang kerja berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah  keterampilan,  pengetahuan,  keahlian,  fleksibilitas,  komunikasi,  disiplin,  tanggung  jawab,  loyalitas  dan kredibilitas.  Masalah  yang  dihadapi  oleh  perusahaan  tersebut  adalah  bagaimana  menentukan  karyawan berprestasi dari sejumlah alternatif karyawan. Metode ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun dengan menggunakan penggabungan metode Analitycal Hierarchi Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal (TOPSIS). Hasil dari penelitian, membantu penentuan karyawan berprestasi. AHP merupakan suatu  metode  pengambilan  keputusan  untuk  menyelesaikan  masalah  penentuan  pilihan  yang sifatnya multiobjective dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan suatu  bentuk  metode  pendukung  keputusan  yang  didasarkan  pada  konsep  bahwa  alternatif  yang  terbaik  tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga  memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.  Pembobotan  kriteria  dilakukan  dengan  menggunakan  AHP  dan  perankingannya  dilakukan  dengan menggunakan TOPSIS.

Downloads

Published

2020-11-21

How to Cite

Andi Dwi Pangestu. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS : Studi Kasus PT. Telkom Divisi Enterprise Service. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(04), 244–252. https://doi.org/10.59141/jist.v1i04.36