Analisis Pengelolaan Aplikasi E-Yankel dengan Itil V3 Domain Service Operation (Studi Kasus Kelurahan di Balikpapan)

Authors

  • Sutri Deriyanti a:1:{s:5:"en_US";s:64:"Jurusan Sistem Informasi, Stimik Borneo International Balikpapan";}
  • Adi Hermawansyah Jurusan Sistem Informasi, Stimik Borneo International Balikpapan
  • Nuorma Wahyuni Jurusan Sistem Informasi, Stimik Borneo International Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v3i01.327

Keywords:

Kelurahan, Layanan TI, ITILV3, Service Operation, Online, SPSS

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan Kelurahan (Yankel) dengan adanya sistem informasi ini masyarakat dapat melakukan atau mengajukan pelayanan secara online dari rumah dalam rangka percepatan penanganan pembatasan penyebaran penularan Covid-19 di wilayah kota Balikpapan. Aplikasi Yankel ini adalah memberikan layanan kepada masyarakat untuk meminta layanan secara online dan drop berkas yang diinginkan dan dilaksanakan oleh Kelurahan. Terdapat beberapa alasan untuk mengevaluasi layanan TI pada Yankel karena Kelurahan tersebut sudah pernah menggunakan layanan TI yang sebelumnya yang ada di Kecamatan Balikpapan yang sudah lama digunakan beberapa tahun terakhir. Layanan tersebut lebih lengkap, untuk menjangkau masyarakat kota yang memerlukan akses online untuk pembuatan keperluan adminstrasi yang diperlukan warga masyarakat dan dapat diakses dengan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, jarak antara kantor satu dengan kantor lainya dengan jalan-jalan kota di Balikpapan berputar-putar cukup menyulitkan sebagai pendatang baru untuk mencari lokasi yang ada di 34 Kelurahan tersebut, jadi membuat operasional Kelurahan menjadi lebih menarik untuk di evaluasi. Dan yang terakhir faktor aplikasi Yankel ini masih tergolong baru dan belum populer di warga kota Balikpapan, hingga program ini sudah ada masih terdapat kendala untuk memperkenalkannya kepada masyarakat kota yang ada di Balikpapan. Penelitian ini menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3 domain service operation untuk menganalisis kesenjangan dan merumuskan rekomendasi untuk perbaikan ke depannya. Kuesioner yang digunakan adalah berbasis online menggunakan google from yang kemudian di analisis menggunakan SPSS.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Deriyanti, S., Hermawansyah, A. ., & Wahyuni, N. . (2022). Analisis Pengelolaan Aplikasi E-Yankel dengan Itil V3 Domain Service Operation (Studi Kasus Kelurahan di Balikpapan). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(01), 116–126. https://doi.org/10.59141/jist.v3i01.327