Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Kanji Selama Masa Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.323Keywords:
Kanji, Daring, Luring, MahasiswaAbstract
Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0 merupakan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan pembelajaran yang secara mendadak harus dilaksanakan dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Terjadinya pandemi Covid-19 memaksa perkuliahan di hampir semua institusi dilaksanakan dalam bentuk PJJ. Hal ini melatarbelakangi penulis melaksanakan pembelajaran Kanji II dengan menggunakan beberapa media dan aplikasi pembelajaran. Penelitian ini untuk menganalisa persepsi mahasiswa dalam mata kuliah kanji selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penelitian deskriptif. hasilpun menyatakan bahwa sebagian dari responden memilih untuk pembelajaran luring, dikarenakan pembelajaran daring memiliki banyak kendala diantaranua adalah jaringan internet, lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk proses pembelajaran dan metode pembelajaran yang berubah-ubah. Serta kurang terjalinnya interaksi antara mahasiswa dan pengajar. Disisi lain, pembelajaran daring memberikan kemudahan bagi kita yaitu pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, pembelajaran tidak hanya berfokus diruang belajar saja.Kesimpulannya bahwa persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kanji dalam pembelajaran daring di Jurusan Bahasa Asing Terapan Universitas Diponegoro kurang efektif dilakukan, karena kurangnya interakasi antara mahasiswa dan pengajar sehingga kuranyanya partisipasi terhadap proses pembelajaran, kendala jaringan menjadi satu masalah karena menghambat proses pembelajaran darig. Dan metode pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dyah Sekar Wangi, Syfa Dinar Dwi Latifah , Annisa Amanda Chaerani , Fitri Alfarisy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.