Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Kanji Selama Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Dyah Sekar Wangi Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Syfa Dinar Dwi Latifah Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Annisa Amanda Chaerani Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitri Alfarisy Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.323

Keywords:

Kanji, Daring, Luring, Mahasiswa

Abstract

Tuntutan Era Revolusi Industri 4.0 merupakan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan pembelajaran yang secara mendadak harus dilaksanakan dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Terjadinya pandemi Covid-19 memaksa perkuliahan di hampir semua institusi dilaksanakan dalam bentuk PJJ. Hal ini melatarbelakangi penulis melaksanakan pembelajaran Kanji II dengan menggunakan beberapa media dan aplikasi pembelajaran. Penelitian ini untuk menganalisa persepsi mahasiswa dalam mata kuliah kanji selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penelitian deskriptif. hasilpun menyatakan bahwa sebagian dari responden memilih untuk pembelajaran luring, dikarenakan pembelajaran daring memiliki banyak kendala diantaranua adalah jaringan internet, lingkungan sekitar yang tidak mendukung untuk proses pembelajaran dan metode pembelajaran yang berubah-ubah. Serta kurang terjalinnya interaksi antara mahasiswa dan pengajar. Disisi lain, pembelajaran daring memberikan kemudahan bagi kita yaitu pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, pembelajaran tidak hanya berfokus diruang belajar saja.Kesimpulannya bahwa persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah kanji dalam pembelajaran daring di Jurusan Bahasa Asing Terapan Universitas Diponegoro kurang efektif dilakukan, karena kurangnya interakasi antara mahasiswa dan pengajar sehingga kuranyanya partisipasi terhadap proses pembelajaran, kendala jaringan menjadi satu masalah karena menghambat  proses pembelajaran darig. Dan metode pembelajaran.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Sekar Wangi, D., Dwi Latifah , S. D. ., Amanda Chaerani, A. A. C. ., & Alfarisy, F. . (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Kanji Selama Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(02), 259–265. https://doi.org/10.59141/jist.v3i02.323