Implementasi Kebijakan Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Program Pelatihan Internet Marketing di Kota Jakarta (Studi pada Dinas Koperasi dan UMKM)

Authors

  • Dessica Dwiyuliana Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Renie Dwi Sulistyani Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Zulfikar Abdulah Politeknik STIA LAN Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.310

Keywords:

peningkatan daya saing; pelatihan; internet marketing; UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi kebijakan peningkatan daya saing UMKM dengan program pelatihan internet marketing di kota jakarta (Studi pada dinas koperasi dan UMKM). Penelitian ini adalah kualitatif karena peneliti mencoba menganalisis serta mengimplementasikan hubungan antar variabel dan menginterpretasikan hasilnya. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebijakan UKM Pemerintah Kota jakarta. Data survei digunakan untuk data sekunder, wawancara, dan studi pustaka yang diperoleh dari situs resmi Pemerintah Kota jakarta. Berdasarkan penelitian yang tekag dilakukan didapatkan hasil bahwa Strategi Pelatihan digital marketing sangat baik dan sangat membantu bagi para pelaku UMKM dan koperasi karena menambah wawasan atau pengetauan tentang cara mengembangkan usahanya dalam meningkatkan daya saing serta meningkatkan pendapatannya.  Dengan adanya program pelatihan para pelaku UMKM menjadi terbantu dan mempunyai tempat untuk belajar atau sharing tentang usahanya.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Dwiyuliana, D., Dwi Sulistyani, R. ., & Abdulah, Z. . (2021). Implementasi Kebijakan Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Program Pelatihan Internet Marketing di Kota Jakarta (Studi pada Dinas Koperasi dan UMKM). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2165–2174. https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.310