Pengembangan Model Kriteria Bauran Pemasaran Online Pada Tahap Creativity & Direction Menggunakan Fuzzy Ahp (Studi Kasus: Industri Kreatif Di Indonesia)

Authors

  • Hasrini sari Jurusan Teknik Manajemen Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung
  • Made Andriani Jurusan Teknik Manajemen Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung
  • Irfan Rusydi Triyanto Jurusan Teknik Manajemen Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.297

Keywords:

Bauran pemasaran online, creativity, direction, fuzzy AHP, UMKM

Abstract

Internet berkembang dengan pesat di Indonesia. Perkembangan internet membantu berbagai sektor untuk tumbuh, salah satunya UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Pemanfaatan internet pada UMKM mendorong pemanfaatan pemasaran online. Pemasaran online memberi keuntungan dan kemudahan yang tidak ada pada pemasaran offline. Penggunaan pemasaran online perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan perusahaan agar pemasaran online yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Di Indonesia, pemanfaatan internet pada UMKM cukup rendah disebabkan oleh pengetahuan pelaku usaha yang belum mampu menggunakan internet dalam pertumbuhan UMKM. Pemasaran juga menjadi masalah bagi UMKM dimana 74% UMKM mengalami kesulitan pada akses pemasaran. Masalah tersebut akan menghambat pertumbuhan UMKM. Penelitian ini bertujuan merancang model bauran pemasaran online yang ditujukan pada UMKM dan juga membuat prioritas bauran pemasaran kedalam dua tahap pertumbuhan organisasi, yaitu tahap creativity dan tahap direction. Penelitian dilakukan terhadap 6 partisipan UMKM yang berada pada tahap creativity dan tahap direction melalui wawancara terstruktur untuk mengetahui kriteria bauran pemasaran online dan dilanjutkan dengan penggunaan metode fuzzy AHP dalam menentukan peringkat kriteria. Kesimpulan dari penelitian adalah ditemukan 40 kriteria penting bauran pemasaran online yang terdiri dari 10 kriteria pada dimensi produk, 8 kriteria pada dimensi harga, 10 kriteria pada dimensi tempat dan 12 kriteria pada dimensi promosi. Perbedaan posisi kriteria bauran pemasaran terdapat pada tahap pertumbuhan creativity dan tahap direction.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

sari, H., Andriani, M. ., & Rusydi Triyanto, I. . (2021). Pengembangan Model Kriteria Bauran Pemasaran Online Pada Tahap Creativity & Direction Menggunakan Fuzzy Ahp (Studi Kasus: Industri Kreatif Di Indonesia). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2184–2202. https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.297