Pengembangan Model Kriteria Bauran Pemasaran Online Pada Tahap Creativity & Direction Menggunakan Fuzzy Ahp (Studi Kasus: Industri Kreatif Di Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.297Keywords:
Bauran pemasaran online, creativity, direction, fuzzy AHP, UMKMAbstract
Internet berkembang dengan pesat di Indonesia. Perkembangan internet membantu berbagai sektor untuk tumbuh, salah satunya UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Pemanfaatan internet pada UMKM mendorong pemanfaatan pemasaran online. Pemasaran online memberi keuntungan dan kemudahan yang tidak ada pada pemasaran offline. Penggunaan pemasaran online perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan perusahaan agar pemasaran online yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Di Indonesia, pemanfaatan internet pada UMKM cukup rendah disebabkan oleh pengetahuan pelaku usaha yang belum mampu menggunakan internet dalam pertumbuhan UMKM. Pemasaran juga menjadi masalah bagi UMKM dimana 74% UMKM mengalami kesulitan pada akses pemasaran. Masalah tersebut akan menghambat pertumbuhan UMKM. Penelitian ini bertujuan merancang model bauran pemasaran online yang ditujukan pada UMKM dan juga membuat prioritas bauran pemasaran kedalam dua tahap pertumbuhan organisasi, yaitu tahap creativity dan tahap direction. Penelitian dilakukan terhadap 6 partisipan UMKM yang berada pada tahap creativity dan tahap direction melalui wawancara terstruktur untuk mengetahui kriteria bauran pemasaran online dan dilanjutkan dengan penggunaan metode fuzzy AHP dalam menentukan peringkat kriteria. Kesimpulan dari penelitian adalah ditemukan 40 kriteria penting bauran pemasaran online yang terdiri dari 10 kriteria pada dimensi produk, 8 kriteria pada dimensi harga, 10 kriteria pada dimensi tempat dan 12 kriteria pada dimensi promosi. Perbedaan posisi kriteria bauran pemasaran terdapat pada tahap pertumbuhan creativity dan tahap direction.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hasrini sari, Made Andriani, Irfan Rusydi Triyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.