Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX F Smp Negeri 7 Semarang Dengan Metode JIGSAW (Studi Kasus Metode JIGSAW di Kelas IX F SMPN 7 Semarang, Jawa Tengah

Authors

  • Bagus Baryadi Sihjati a:1:{s:5:"en_US";s:15:"SMPN 7 Semarang";}

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.296

Keywords:

Menulis Cerpen, Metode JIGSAW

Abstract

Secara  umum  penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan siswa  dalam  menulis  cerpen  di  kelas  IX  SMP.  Untuk  mencapai  tujuan  tersebut,  digunakan  metode  penelitan  dengan  pendekatan  mixing  methods  (metode  yang memadukan  pendekatan  kualitatif  dan  kuantitatif).  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan    kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat setelah guru menerapkan metode JIGSAW.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Baryadi Sihjati, B. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX F Smp Negeri 7 Semarang Dengan Metode JIGSAW (Studi Kasus Metode JIGSAW di Kelas IX F SMPN 7 Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(12), 2099–2106. https://doi.org/10.59141/jist.v2i12.296