Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Olibsifrs (Psak) 71 (Studi pada Bank Papua)

Authors

  • Vicky Arvianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Wendi Usino Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i11.271

Keywords:

Kualitas Sistem Informasi; Perceived usefulness; Kualitas Informasi; PSAK 71; IFRS; Partial Least Square; SmartPLS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived usefulness terhadap Kepuasan Pengguna aplikasi OlibsIFRS (PSAK) 71 di PT. Bank Papua. Penelitian mengadopsi model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean yang dikombinasikan dengan model kesuksesan sistem informasi Seddon dan dikolaborasikan dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner google form. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 52 orang yang merupakan karyawan pengguna aplikasi OlibsIFRS (PSAK) 71 di PT. Bank Papua. Metode untuk melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Sistem tidak berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 5,1% terhadap Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 26,0% terhadap Kepuasan Pengguna dan Perceived usefulness berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 67,9% terhadap Kepuasan Pengguna aplikasi OlibsIFRS (PSAK) 71 di PT. Bank Papua. Secara simultan variabel Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived usefulness membentuk R-square senilai 0,846 hal ini menandakan variabel Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived usefulness dari setiap indikator masing-masing variabel secara bersama-sama memberikan pengaruh korelasi yang kuat/signifikan terhadap variabel Kepuasan Pengguna sebesar 84,6%, sedangkan sisanya sebesar 15,4% dijelaskan oleh variabel dan indikator lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Arvianto, V., & Usino, W. . (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Olibsifrs (Psak) 71 (Studi pada Bank Papua). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(11), 2082–2098. https://doi.org/10.59141/jist.v2i11.271