Perencanaan Pemasangan Pipa Distribusi HDPE ø 300 mm Crossing Rel Kereta Api di Jl. Ra Kartini Kota Cirebon dengan Metode Jacking System
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i11.268Keywords:
analisis hidrolis; distribusi beban di atas rel; metode jacking system; pipa distribusi; supply air.Abstract
Pemasangan pipa distribusi HDPE Ø 300 mm crossing rel kereta api di Jl. RA Kartini Kota Cirebon dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan menjaga kontinuitas pelayanan air bersih, menertibkan jaringan perpipaan, serta meningkatkan tekanan dan supply air ke wilayah Pesisir dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek keamanan konstruksi pemasangan pipa distribusi HDPE Ø 300 mm dengan metode Jacking System serta mengetahui efektifitas dari perencanaan pemasangan pipa distribusi tersebut dengan melakukan analisis hidrolis. Metode pelaksanaan pemasangan pipa yang digunakan oleh Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon adalah metode jacking system untuk pipa sepanjang 48,70 m sesuai dengan hasil kajian optimalisasi jaringan distribusi Kota Cirebon tahun 2019 menggunakan program aplikasi EPANET. Hasil analisis distribusi beban di atas rel kereta api yang akan bekerja pada pipa beton yaitu beban merata pada lapisan tanah asal σ2 = 9,61 N/cm2 = 0,98 Kg/cm2 dan beton K-500 memiliki kekuatan tekan beton sebesar 500 kg/cm2 atau fc 41,50 mpa atau 4.900 N/cm2 sehingga pipa beton K-500 Ø 450 mm crossing rel kereta api Jl. Kartini Kota Cirebon dapat menahan pembebanan yang bekerja pada pipa beton tersebut berupa beban mati/statis dan beban hidup/dinamis (beban vertikal) dan beban horizontal. Hasil analisis hidrolis pada jam puncak menunjukkan bahwa pemasangan pipa baru HDPE dengan ukuran Ø 300 mm di Jalan Kartini dari Crossing Rel Kereta Api Sampai Dengan Jl. Veteran Sisingamangaraja Sepanjang 873 Meter meningkatkan sisa tekan di kawasan Wilayah Pusat Pelelangan Ikan Pesisir. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa metode Jacking System untuk pemasangan pipa distribusi HDPE Ø 300 mm crossing rel kereta api di Jl. RA Kartini Kota Cirebon memenuhi aspek keamanan konstruksi serta dapat meningkatkan pelayanan berdasarkan analisis hidrolis yang dilakukan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lia Amaliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.