Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i10.255Keywords:
Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Saat ini teknologi yang semakin berkembang di seluruh dunia yang tidak bisa di pungkiri lagi. Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang pesat akan dapat membantu mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena kemudahan dalam mengakses teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai variabel interveningnya. Studi kasus pada pengguna Traveloka di Kelapa Dua, Tangerang. Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online dan menggunakan teknik purposive sampling pada 135 responden yang telah menggunakan aplikasi Traveloka di Kelapa Dua, Tangerang. Pengujian ini dilakukan dengan program SPSS versi 20 dan AMOS versi 23. Pada tahap analisis dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna Traveloka di Kelapa Dua, Tangerang, variabel promosi memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan harga dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pengguna Traveloka di Kelapa Dua, Tangerang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dadi Kuswandi, Guyub Nuryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.