Pengaruh Elemen Pemasaran Media Sosial Terhadap Keterlibatan Konsumen Pada Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i10.252Keywords:
Elemen Pemasaran Media Sosial, Keterlibatan Konsumen pada Merek, Kesadaran Merek, Citra MerekAbstract
Pemasaran media sosial dianggap sebagai kontributor yang kuat dalam membangun pengetahuan merek dan menguntungkan di benak konsumen dan telah diketahui bahwasanya semakin banyak studi empiris telah meneliti teori dan implikasi praktis dari penerapan pemasaran media sosial untuk membangun merek. Namun, pengaruh berbagai elemen pemasaran media sosial pada keterlibatan konsumen pada merek dan pengetahuan merek masih belum cukup jelas, oleh karena itu kondisi membutuhkan penyelidikan teoretis dan empiris lebih lanjut. Dengan melakukan tinjauan literatur yang relevan secara kritis untuk mengidentifikasi kesenjangan penelitian, penelitian ini menyelidiki pengaruh elemen-elemen dari aktivitas pemasaran media sosial, diantaranya entertainment, customisation, interaction, electronic word of mouth serta trendiness pada keterlibatan konsumen pada merek dan pengetahuan tentang merek. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat kuantitatif dan diujikan kepada 300 pengguna media sosial yang menggunakan sepeda Polygon di Indonesia. Adapun temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa elemen pemasaran media sosial berperan cukup besar dalam membangun keterlibatan konsumen pada merek dan pengetahuan merek. Studi ini menemukan bahwa entertainment, customitation, interaction, eWOM, dan trendiness merupakan faktor pendorong dalam memperkuat keterlibatan konsmen pada merek, yang kemudian mendorong kesadaran merek dan citra merek. Oleh karena itu, semua elemen-elemen pemasaran media sosial tersebut harus dianggap sebagai cara untuk meningkatkan proses kognitif, afeksi dan aktivasi konsumen terhadap merek.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hendayana Panca Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.