Rancangan Perbaikan Stasiun Kerja di PT Karsa Wijaya Pratama Dengan Menggunakan Metode Plibel Checklist dan QEC (Quick Exposure Check)

Authors

  • Putri Pertiwi Universitas Indraprasta PGRI
  • Zeny Fatimah Hunusalela Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v1i03.24

Keywords:

Plibel Checklis; QEC ; Ergonomi; Antropometri

Abstract

PT Karsa Wijaya Pratama merupakan industri yang bergerak pada bidang otomotif beberapa aktivitas yang dilakukan menggunakan mesin produksi yang manual, Berdasarkan pengamatan permasalahan yang timbul pada perusahaan tersebut yang menyebabkan resiko pada pekerjaan disebabkan postur tubuh pekerja yang tidak sesuai dengan standar untuk itu tujuan dari penelitian ini agar pekerja dapat bekerja dengan sesuai agar tidak mengalami cidera pada otot dalam jangka panjang atau pendek. Penelitian diawali dengan mengetahui permasalahan dan menilai postur kerja dengan kuisioner PLIBEL Checklist dan Quick Exposure Check (QEC). Berdasarkan hasil rekapitulasi keseluruhan dengan metode PLIBEL Checklist nilai pada operator cutting sebesar 66,66% sedangan pada operator Finishing sebesar 44,44%. Pada metode Quick Exposure Check rekapitulasi resiko terbesar pada bagian punggung, bahu dan pergelangan tangan sebesar 72,15% untuk operator cutting, sedangkan operator finishing sebesar 55,11% sehingga dari hasil rekapitulasi perlu adanya perbaikan pada stasiun kerja masing-masing operator. Hal ini menunjukan perlu diadakan nya penelitian lebih lanjut dan dilakukan suatu perubahan pada stasiun kerja tersebut. Dari perhitungan Exposure Scor juga dapat dilihat bahwa nilai untuk punggung dan pergelangan tangan yang berada pada level High yang berarti resiko terjadinya cidera sangat tinggam hal tersebut disebabkan karna kurang nya alat penunjang kerja yang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing operator Untuk itu perlu nya usulan berupa alat penunjang seperti meja kerja dan kursi kerja sehingga diharapkan dapat meminnimalisir resiko cedera otot. Selain itu usulan ini juga dapat meningkatkan kinerja dari para operator. Rancangan perbaikan berupa rancangan fasilitas kerja, yaitu meja kerja operator dan kursi kerja operator dengan menggunakan aplikasi gambar CATIA.

Downloads

Published

2020-10-21

How to Cite

Putri Pertiwi, & Zeny Fatimah Hunusalela. (2020). Rancangan Perbaikan Stasiun Kerja di PT Karsa Wijaya Pratama Dengan Menggunakan Metode Plibel Checklist dan QEC (Quick Exposure Check). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(03), 184–197. https://doi.org/10.59141/jist.v1i03.24