Pengaruh Customer Satisfaction, Trust, Commitment, dan Customer Value Terhadap Loyalty Intentions Dimediasi Customer Engagement (Studi Empiris : Pembeli dan Penghuni Paramount Land)

Main Article Content

Harold Linus Sipayung
Magister Manajemen, Universitas Bunda Mulia, Serpong, Indonesia
Andreas Heryjanto
Magister Manajemen, Universitas Bunda Mulia, Serpong, Indonesia

Konsumen merupakan faktor penting bagi perusahaan karena konsumen merupakan penentu pertumbuhan, profitabilitas, dan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Sebagai faktor penting yang menggerakkan roda perusahaan, perusahaan berusaha untuk mempertahankan secara maksimal konsumen yang mereka miliki untuk dapat mencapai goals dan target yang telah ditetapkan organisasi atau perusahaan. Loyalty intentions konsumen sangat dibutuhkan oleh perusahaan dimana konsumen berniat membeli kembali atau sikap merekomendasikan barang atau jasa yang sudah dibeli ke konsumen yang lain. Loyalty intentions dipengaruhi oleh customer engagement konsumen, di mana customer engagement terdiri dari customer satisfaction, trust, commitment, dan customer value. Salah satu sektor perusahaan yang harus menjaga loyalty dari konsumennya adalah sektor properti Paramount Land. Berdasarkan uraian tersebut, maka Peneliti membahas Pengaruh Customer Satisfaction, Trust, Commitment, Dan Customer Value Terhadap Loyalty Intentions Yang Dimediasi Oleh Customer Engagement Pada Konsumen Penghuni Kawasan Perumahan Paramount Land. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden, dan data sekunder yang diperoleh dari internal Paramount Land. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pembeli dan penghuni yang tinggal di cluster milik PT Paramount Land di kawasan Illago, kawasan Andalucia, kawasan Malibu, di Gading Serpong. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 203 konsumen yang ditentukan dengan metode simple random sampling dan jumlah sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Yount. Skala Likert digunakan pada penelitian ini untuk memberikan skor pada tiap pernyataan dalam kuesioner. Hasil dari penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh positif yang signifikan customer satisfaction, trust, commitment, dan customer value terhadap loyalty intentions yang dimediasi oleh customer engagement pada konsumen penghuni kawasan perumahan Paramount Land. Semakin tinggi nilai suatu variabel, maka nilai variabel yang dipengaruhi juga akan semakin tinggi. Hal ini juga didukung oleh hasil uji instrument dengan menggunakan uji Partial Least Square dimana hasil p value ≤ 0.05 dan t hitung ≥ 1.967 yang artinya hubungan antar variabel berpengaruh signifikan.


Keywords: Customer Satisfaction, Trust, Commitment, Customer Value, Loyalty Intentions Customer Engagement Kepuasan Pelanggan , Niat Loyalitas , Keterlibatan Pelanggan