Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan Marketing 4.0

Authors

  • Dwi Yuda Syaputra Prodi Manajemen, Universitas Pembangunan Pancabudi Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i06.164

Keywords:

strategi pemasaran; e-commerce; marketplace; SEO; dan digital marketing.

Abstract

Perkembangan dunia digital seperti pada era marketing 4.0 ini telah menemukan cara untuk mempermudah pelaku usaha dalam menjual produknya. Salah satu caranya yaitu dengan media online atau e-commerce. E-commerce berperan sebagai media penjualan yang kompleks terdiri dari aktivitas penjualan, pembelian, pembayaran dan pengaturan secara online. Hal tersebut salah satunya terdapat dalam suatu sistem yang telah dibuat sedemikian rupa seperti pada marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pemasaran marketplace sebagai penerapan dari marketing 4.0. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara menggunakan buku, literatur atau bahan pustaka baik secara online atau offline, kemudian mengutipnya sebagai landasan teori dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian ini melakukan analisa langsung terhadap marketplace Tokopedia.com melalui website https://www.similarweb.com dan melalui analisa pendekatan kerangka kerja atas penerapan marketing 4.0 sebagai indikator penelitian. Strategi pemasaran yang penerapannya pada era Marketing 4.0 merupakan strategi yang menyesuaikan dengan teknologi digital dan perilaku pelanggan saat ini. Jaringan yang ada pada internet saling berhubungan mulai dari online shop marketplace itu sendiri, jaringan media sosial dan mesin pencari Google, sehingga untuk mengoptimalkan pemasaran mulai dari bagaimana menstimulus calon pelanggan, membuat pelanggan ingat akan produk dan layanan, menyediakan informasiinformasi dan membuat pelanggan menjadi pelanggan yang loyal, pelaku usaha harus memiliki kemampuan dan pengetahuan digital seperti yang sudah dibedah pada penelitian ini.

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Yuda Syaputra, D. (2021). Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan Marketing 4.0. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(06), 939–952. https://doi.org/10.59141/jist.v2i06.164