Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan Marketing 4.0
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i06.164Keywords:
strategi pemasaran; e-commerce; marketplace; SEO; dan digital marketing.Abstract
Perkembangan dunia digital seperti pada era marketing 4.0 ini telah menemukan cara untuk mempermudah pelaku usaha dalam menjual produknya. Salah satu caranya yaitu dengan media online atau e-commerce. E-commerce berperan sebagai media penjualan yang kompleks terdiri dari aktivitas penjualan, pembelian, pembayaran dan pengaturan secara online. Hal tersebut salah satunya terdapat dalam suatu sistem yang telah dibuat sedemikian rupa seperti pada marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pemasaran marketplace sebagai penerapan dari marketing 4.0. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara menggunakan buku, literatur atau bahan pustaka baik secara online atau offline, kemudian mengutipnya sebagai landasan teori dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian ini melakukan analisa langsung terhadap marketplace Tokopedia.com melalui website https://www.similarweb.com dan melalui analisa pendekatan kerangka kerja atas penerapan marketing 4.0 sebagai indikator penelitian. Strategi pemasaran yang penerapannya pada era Marketing 4.0 merupakan strategi yang menyesuaikan dengan teknologi digital dan perilaku pelanggan saat ini. Jaringan yang ada pada internet saling berhubungan mulai dari online shop marketplace itu sendiri, jaringan media sosial dan mesin pencari Google, sehingga untuk mengoptimalkan pemasaran mulai dari bagaimana menstimulus calon pelanggan, membuat pelanggan ingat akan produk dan layanan, menyediakan informasiinformasi dan membuat pelanggan menjadi pelanggan yang loyal, pelaku usaha harus memiliki kemampuan dan pengetahuan digital seperti yang sudah dibedah pada penelitian ini.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dwi Yuda Syaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.