Pemanfaatan Citra Landsat 8 untuk Estimasi Luas Lahan Terbangun dan Tidak Terbangun Pada Kota Bandung

Authors

  • Indra Permana Solihin Solihin Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rachmad Kurniyanto Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v2i05.150

Keywords:

perkembangan; lahan terbangun; NDBI (normalized difference built-Up index).

Abstract

Perkembangan ekonomi dan pertumbuhan penduduk di kota Bandung yang sangat pesat saat ini, dimungkinkan akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada penggunaan lahan. Dari sisi lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, diperlukan peran pemerintah untuk memperhatikan tata kota yang berkelanjutan agar kualitas hidup masyarakat tetap terjaga dan ada keseimbangan antara lingkungan alami dan buatan. Maka dibutuhkan sistem yang mampu memonitoring perkembangan penggunaan lahan dengan memanfaatkan analisis Sistem Informasi Geografis. Penelitian ini menggunakan transformasi NDBI (Normalized Difference Built-Up Index) untuk mendeteksi lahan terbangun yang ada di kota Bandung. Tingkat perkembangan yang terjadi pada lahan terbangun di kota Bandung mengalami peningkatan pada tahun 2017 sampai tahun 2019 dari 79,14 Km² menjadi 88,03 Km², perkembangannya sekitar 4 Km² pertahun. Lahan tidak terbangun pada kota Bandung yang terdeteksi oleh citra landsat pada tahun 2015 sebesar 89,23 Km², tahun 2016 sebesar 92,60 Km², tahun 2017 89,15 Km², tahun 2018 83,77 Km², tahun 2019 80,24 Km². Ditemukan kendala pada penilitian tahun 2016, jumlah luas lahan terbangun dan tidak terbangun mengalami perbedaan dibandingkan dengan tahun tahun yang lainnya, disebabkan oleh tertutupnya citra landsat oleh awan atau bayangan awan.

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Solihin, I. P. S., & Kurniyanto, R. . (2021). Pemanfaatan Citra Landsat 8 untuk Estimasi Luas Lahan Terbangun dan Tidak Terbangun Pada Kota Bandung. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(05), 816–827. https://doi.org/10.59141/jist.v2i05.150