Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur di Era Pandemi COVID- 19
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v2i05.146Keywords:
efektifitas; perkuliahan daring COVID-19.Abstract
Perkuliahan daring (online) merupakan kebijakan pemerintah yang menjadi sarana utama dalam pembelajaran ketika wabah Pandemi COVID-19. Hal ini juga diterapkan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan kegiatan daring yang menggunakan sarana aplikasi online, seperti whatsapp grup, zoom, google classroom, dan media aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas perkuliahan daring pada mahasiswa Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di saat Pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui google form secara online. Hasil pengujiannya dihasilkan bahwa mayoritas mahasiswa Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur mengikuti perkuliahan daring dirumah menggunakan gadget (Hp) melalui aplikasi zoom yang di akses menggunakan wifi dan koneksi data dalam keadaan sinyal yang cukup baik. Perkuliahan daring memberikan gambaran secara umum bahwa perkuliahan daring ini kurang optimalnya pemahaman materi yang di berikan pada mahasiswa sehingga mengakibatkan proses perkuliahan yang kurang efektif. Hasil lain menunjukkan bahwa mahasiswa siap menghadapi aturan baru the new normal live apabila dilaksanakan perkuliahan secara luring. Sedangkan untuk sistem perkuliahan yang efektif selama pandemi adalah daring dan luring secara bergantian dengan memperhatikan prinsip protocol pencegahan COVID-19.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ananta Pratama, Novia Cahyaningrum, Ayu Wulandari, Siska Zunita Anggraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.