Strategi Pemasaran Syariah Toko Tradisional Dan Toko Modern Di Desa Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon

Authors

  • Ozah Maspupah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.13

Keywords:

[email protected]

Abstract

Era moderenisasi sudah terjadi pada masyarakat sekarang, hal ini menyebabkan beberapa perubahan meliputi perubahan demografi, spesialiasi, diversifikasi, profesi, struktur sosial ekonomi serta kebudayaan masyarakat. Dari perubahan tersebut ada beberapa kebiasaan masyarakat yang bergeser yaitu salahsatunya pola belanja masyarakat. Karena perubahan itu kini kebiasaan belanja masyarakat banyak yang beralih ke toko modern hal ini mendukung tumbuh dan berkembangnya toko modern sampai ke wilayah pedesaan berdampingan dengan toko tradisional. Untuk mempertahankan eksistensinya dilakukan beberapa strategi pemasaran syariah dalam rangka meningkatkan penjualan baik toko tradisional maupun modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran toko tradisional dan modern di desa Durajaya kecamatan Greged kabupaten Cirebon. Selain itu untuk mengetahui bagaimana strategi marketing syariah toko tradisional dan modern dalam meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui hal apa yang menjadi kendala dan bagaimana penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung, study pustaka (library reseach) dan metode triangulasi data. Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh bahwa pola pemasaran yang dilakukan oleh toko tradisional dan modern berbeda sesuai sistem yang dilakukan. Sedangkan dalam rangka meningkatkan penjualannya masing-masing toko menerapkan beberapa strategi pemasaran syariah diantaranya yaitu pada toko tradisional menerapkan kebijakan khiyar, berhutang dan menerapkan kejujuran dalam penentuan harga. Pada toko modern menerapkan etika bisnis Islam dan juga memberikan kebijakan penerbitan kartu diskon sebagai hadiah bagi penggunanya. Disini peneliti menemukan beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan diantaranya yaitu: toko tradisional agar mau malakukan perubahan terkait beberapa hal yang kurang meliputi pencatatan, variasi produk maupun sarana dan prasarana, dan peningkatan loyalitas terkait pelayanan pegawai toko modern.

Published

2020-07-28

How to Cite

Maspupah, O. . (2020). Strategi Pemasaran Syariah Toko Tradisional Dan Toko Modern Di Desa Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(01), 51–60. https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.13