Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal Cabang Tuparev Cirebon

Authors

  • Lutfiyah Hayati Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC)

DOI:

https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.12

Keywords:

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Kuliner, Warung Spesial Sambal

Abstract

Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu sektor bisnis yang potensial untuk dijalankan. Salah satu bisnis kuliner yang cukup menarik perhatian adalah Waroeng Spesial Sambal yang di dirikan oleh Yoyok Heri Waryono pada pertengahan 2002 di Yogyakarta. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Waroeng Spesial Sambal ditemukan suatu hal sebagai berikut pertama, Waroeng Spesial Sambal memiliki pelanggan/konsumen yang cukup banyak dan selalu penuh dijam waktu makan. Kedua, produk makanan Waroeng Spesial Sambal yang menarik pelanggan/konsumen. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal dilakukan melalui 4 kriteria diantaranya : 1. Dari Produk, Jenis produk yang diambil oleh Waroeng Spesial Sambal adalah “Makanan Jawa”, dengan menggunakan sistem warung bukan restoran. Sumber peminatnya itu dari produk sambalnya. 2. Harga, Untuk harga sendiri sangat varian, dari yang termurah hingga termahal juga ada di Waroeng Spesial Sambal. 3. Tempat, Waroeng Spesial Sambal berlokasi di Jl. Tuparev. Kedungjaya. Kedawung. Cirebon. 4. Promosi, Promosi brand yang digunakan oleh Waroeng Spesial Sambal adalah melalui jejaringan media sosial, seperti : Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain-lain. 2) Kepuasan Konsumen Konsumen Waroeng Spesial Sambal dominan banyak yang merasa puas dengan makanan Waroeng Spesial Sambal, karena rasanya yang enak, harganya yang murah, seperti menu makan rumahan, pilihan menunya yang banyak, tempatnya nyaman, dan lain-lain. Ada sebagian konsumen juga yang merasa tidak puas dengan Waroeng Spesial Sambal, seperti : kurangnya fasilitas kipas angin serta nunggunya lama.

Published

2020-07-28

How to Cite

Hayati, L. . (2020). Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal Cabang Tuparev Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(01), 43–50. https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.12