Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal Cabang Tuparev Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.59141/jist.v1i01.12Keywords:
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Kuliner, Warung Spesial SambalAbstract
Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu sektor bisnis yang potensial untuk dijalankan. Salah satu bisnis kuliner yang cukup menarik perhatian adalah Waroeng Spesial Sambal yang di dirikan oleh Yoyok Heri Waryono pada pertengahan 2002 di Yogyakarta. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Waroeng Spesial Sambal ditemukan suatu hal sebagai berikut pertama, Waroeng Spesial Sambal memiliki pelanggan/konsumen yang cukup banyak dan selalu penuh dijam waktu makan. Kedua, produk makanan Waroeng Spesial Sambal yang menarik pelanggan/konsumen. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal dilakukan melalui 4 kriteria diantaranya : 1. Dari Produk, Jenis produk yang diambil oleh Waroeng Spesial Sambal adalah “Makanan Jawa”, dengan menggunakan sistem warung bukan restoran. Sumber peminatnya itu dari produk sambalnya. 2. Harga, Untuk harga sendiri sangat varian, dari yang termurah hingga termahal juga ada di Waroeng Spesial Sambal. 3. Tempat, Waroeng Spesial Sambal berlokasi di Jl. Tuparev. Kedungjaya. Kedawung. Cirebon. 4. Promosi, Promosi brand yang digunakan oleh Waroeng Spesial Sambal adalah melalui jejaringan media sosial, seperti : Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain-lain. 2) Kepuasan Konsumen Konsumen Waroeng Spesial Sambal dominan banyak yang merasa puas dengan makanan Waroeng Spesial Sambal, karena rasanya yang enak, harganya yang murah, seperti menu makan rumahan, pilihan menunya yang banyak, tempatnya nyaman, dan lain-lain. Ada sebagian konsumen juga yang merasa tidak puas dengan Waroeng Spesial Sambal, seperti : kurangnya fasilitas kipas angin serta nunggunya lama.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lutfiyah Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.